Wednesday 23 December 2015

Negeri Van Oranje

Distributor   : Falcon Pictures
Producer      : Hb Naveen, Frederica
Director        : Endri Pelita
Writer            : Titien Wattimena
Cast               :
- Chicco Jerikho as Geri
- Tatjana Saphira as Lintang
- Arifin Putra as Banjar
- Abimana Aryasatya as Wicak
- Ge Pamungkas as Daus

Negeri Van Oranje merupakan salah satu film Indonesia yang dirilis tahun ini. Mengambil latar belakang lima orang sahabat yang bertemu karena sesuatu hal yang disebut kebetulan. Dan dihiasi oleh taburan bintang papas atas negeri Indonesia.

Cerita bermula ketika Lintang akan menikah. Menikah dengan salah satu di antara keempat sahabatnya. Saat itulah pikirannya kembali menerobos ruang dan waktu. Mengingat kembali kenangan manis mereka selama berada di negeri orang. Negeri yang jauh dari kampung halaman mereka.

Awal perjumpaan mereka dimulai ketika mereka berlima bertemu di sebuah stasiun. Kesamaan negara asal lah yang membuat mereka bersatu di tempat asing ini. Walau berkuliah S2 di kota yang berbeda.  Anandita Lintang Persada (Lintang) yang paling cantik di antara semuanya berasal dari Jakarta dan kuliah di Leiden. Garibaldi Utama Anugrah Atmadja a.k.a Geri yang ku jamin bakal jadi pria idaman wanita waktu pertama kali kalian liat, asal Bandung dan memilih Den Haag untuk melanjutkan kuliah. Dilanjutkan dengan Irwansyah Iskandar biasa dipanggil Banjar  karena asalnya dari Banjarmasin dan berkuliah di Rotterdam. Yang keempat Firdaus Gojali Muthoyib Bin Satiri alias Daus, orang yang paling pintar di antara mereka berlima. Tapi, kekonyolannya menyamarkan itu semua, dia Betawi asli dan kuliah S2 di Utrecht. Dan yang terakhir, yang paling pendiam di antara mereka semua adalah Wicak Adi Gumelar, nickname Wicak asalnya dari Banten dan mengenyam pendidikan di Wageningen. Namun tampaknya memang takdirlah yang mengijinkan mereka bersama. Semuanya begitu indah, hingga Lintang menyadari bahwa ia tidak bisa memperlakukan semua sama rata. Pasti akan ada salah satu dari mereka yang akan menjadi orang spesial dalam hidupnya suatu hari nanti.

Empat orang pria dengan seorang wanita. Tentu, akan menimbulkan masalah bukan? Ya! CINTA. Cinta jugalah yang mengubah persahabatan mereka. Melenyapkan tawa bahagia mereka. Dimulai dari kekaguman Lintang dengan salah satu dari mereka. Karena kedewasaannya, karena sikap carenya, karena dia selalu ada saat Lintang membutuhkannya. Namun, malah orang itulah yang mengecewakannya dengan rahasia besar yang selama ini ia simpan rapat-rapat. Dan tabir misteri terbuka seiring kejadian itu. Diikuti dengan misteri-misteri lain yang juga mulai terbuka satu per satu.

Puncaknya adalah saat Lintang melihat keempat sahabatnya bertaruh untuknya. Apakah mereka berpikir bahwa Lintang barang taruhan? Barang yang harus diperebutkan dan yang menang akan bahagia? Mengikuti klimaksnya kejadian itu pengakuan yang tak terduga muncul. Perasaan-perasaan yang tidak seharusnya ada, semua harus diungkapkan pada akhirnya. Sampai Lintang menyadari bahwa selama ini matanya hanya tertuju pada orang yang telah mengecewakannya itu. Ia tidak pernah melihat ke arah lain. Bahkan menengokpun tidak.

Anda juga akan disuguhkan dengan perjalanan Lintang di empat kota yang berbeda dengan orang yang berbeda pula. Menikmati setiap suasana, setiap hembusan angis sebelum akhirnya ia akan menentukan pilihan. Anda akan terkejut dengan pilihan Lintang jika anda belum membaca novelnya. Lalu, menurut kalian dengan siapakah Lintang akan menikah? Daus? Wicak? Banjar? Atau Geri? Temukan jawabannya di Negeri Van Oranje yang tayang mulai 23 Desember di seluruh bioskop Indonesia.

Film ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan anda. Karena film ini pembawaannya sangat ringan, bukan film yang penuh dengan drama dan duka. Tapi, justru sebuah film yang diwarnai dengan drama dan tawa. Drama yang harus dilewati untuk meraih mimpi, cinta, dan cita-cita. Dan juga tawa yang dilalui untuk menggapai itu semua. Pada detik pertama anda akan dibuat penasaran, detik berikutnya anda dibuat tertawa, dilanjutkan dengan kecewa, sedih, marah, dan berbagai luapan emosi lainnya. Pokoknya menurut saya ini adalah film "paket lengkap". Setiap karakternya pun dimainkan dengan sangat apik dan penuh penghayatan. Mereka berlima terlihat seperti sudah bersahabat lama, chemistry yang terjalin dapet banget. Humornya membuat penonton ikut tertawa atau bahkan hanya tersenyum simpul. Alur yang tak terduga membuat penonton histeris. Lewat film ini juga, kita bisa belajar bahwa perbedaan bukanlah penghalang untuk bersatu. Karena terkadang perbedaan itulah yang membuat semuanya menjadi lebih indah.

Namun, di sisi lain entah kenapa sejak awal saya sudah bisa membaca bahwa Lintang tidak akan mendapat cinta impiannya. Semua yang ia dapatkan hanya kepalsuan belaka. Dan pada akhirnya ia harus "bangun" dari mimpinya itu.

But overall, it's very recommended movie to spend your spare time in Christmas and New Year holiday! GOOD JOB!

No comments:

Post a Comment